Skip to main content

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan


Inilah Penyebab Susah BAB yang Sering Disepelekan

Inilah Penyebab Susah BAB yang Sering Disepelekan - Memelihara kesehatan tentu menjadi salah satu hal yang diprioritaskan banyak orang. Menjaga kesehatan memang akan memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan manusia.

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan

Berbagai cara dilakukan agar kesehatan tetap terjaga mulai dari menjaga pola hidup hingga mengkonsumsi suplemen kesehatan. Tidak sedikit juga orang-orang yang melakukan berbagai terapi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sediakala.

Namun sayang mayoritas masyarakat hanya fokus menghindari masalah-masalah kesehatan yang kronis. Beberapa masalah kesehatan ringan justru sering dianggap sebagai angin lalu. Salah satu masalah kesehatan yang jarang dihiraukan adalah gangguan pencernaan.

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan

Masalah-masalah gangguan pencernaan seperti konstipasi dan masalah pencernaan lainnya sering dinilai sebagai masalah kesehatan ringan karena gejalanya yang tidak terlalu serius. Hal ini menyebabkan tidak banyak orang yang menelusuri penyebab susah BAB tersebut.

Sulit buang air besar atau konstipasi memang bisa menyerang siapapun pada seluruh rentang usia. Pada beberapa orang konstipasi ini berlangsung dalam waktu yang singkat sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan

Namun pada beberapa kalangan penyakit ini bisa bertahan dalam waktu yang lama karena kondisi tubuh. Jika konstipasi dibiarkan dan tidak segera diobati, konstipasi bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya salah satunya kanker usus besar.

Parahnya akibat yang bisa ditimbulkan dari gangguan pencernaan ini tentu membuat semua orang yang mengalami konstipasi waspada dan ingin segera terbebas dari konstipasi. Agar bisa terbebas dari konstipasi, Anda harus mengetahui penyebab susah BAB terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan konstipasi.

Kesalahan Proses Mengunyah

Penyebab paling ringan dan jarang disadari banyak orang dapat menyebabkan konstipasi adalah kurangnya pengunyahan makanan. Saat makanan masuk ke dalam mulut, makanan harus dikunyah selembut mungkin. Jika makanan tidak dikunyah dengan benar maka lambung dan usus harus bekerja ekstra keras untuk memproses makanan.

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan

Karena organ tubuh harus bekerja keras, maka sisa makanan yang seharusnya dibuang saat BAB akan menumpuk dalam usus dan lambung hingga menyebabkan Anda kesulitan BAB. Perbaikilah kebiasaan mengunyah Anda sebelum konstipasi menyerang.

Menunda Buang Air Besar

Penyebab susah BAB lainnya yang seringkali disepelekan adalah kebiasaan menunda BAB. Banyak orang yang tidak segera pergi ke toilet saat sudah merasa harus BAB dengan berbagai alasan. Kebiasaan inilah yang menyebabkan feses akhirnya tidak bisa keluar dari tubuh dan akhirnya mengendap dalam tubuh.


Feses yang mengendap tersebut akan semakin mengeras dan menghalangi feses lainnya yang seharusnya sudah bisa dibuang. Pada akhirnya Anda akan mengalami kesulitan meskipun ingin BAB jika Anda melakukan kebiasaan ini.

Kurang Mengkonsumsi Serat

Serat merupakan salah satu zat kandungan dalam makanan yang sangat membantu proses pencernaan. Jika Anda mengkonsumsi cukup serat, maka pencernaan tubuh Anda bisa terus berada dalam kondisi yang baik.

Begitu juga jika Anda kekurangan serat. Penyebab susah BAB lainnya juga bisa dikarenakan Anda kurang mengkonsumsi serat. Serat bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan atau buah pada kadar yang cukup. Dengan mengkonsumsi serat 18-30 gram per hari, Anda bisa merawat pencernaan Anda dan menghasilkan tubuh yang sehat.

Inilah Penyebab Susah BAB Yang Sering Disepelekan

Itulah berapa penyebab konstipasi yang jarang diperhatikan masyarakat. Selain ketiga penyebab tersebut, pengaruh obat-obatan dan kondisi kehamilan juga sering menjadi penyebab konstipasi. Namun tentu hal ini merupakan kondisi yang harus Anda konsultasikan dengan dokter pribadi Anda.

Ketiga penyebab susah BAB yang disebutkan sebelumnya merupakan penyebab konstipasi yang pada dasarnya bisa Anda tangani sendiri selama Anda bersedia. Masalah pencernaan ringan ini bisa semakin parah atau mungkin menghilang dengan sendirinya tergantung pada pencegahan dan penanganan yang Anda lakukan. Perawatan kesehatan yang Anda lakukan menentukan kehidupan Anda.

Baca Juga :


Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi