Skip to main content

Tips Sehat Ala Rasulullah Yang Wajib Dilakukan

Siapa yang tidak kenal Rasulullah ? Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang paling mulia. Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak dan keimanan manusia. Sifatnya yang adil, jujur, amanah dan patuh harus kita terapkan.

Tips sehat

Selain sifatnya yang sempurna, kebiasaan rasulullah juga harus kita terapkan atau biasa orang menyebut sunnah rasul. Mengapa demikian ? Karena semua yang dilakukan rasulullah adalah perilaku yang terpuji dan pastinya banyak manfaatnya.

Berikut adalah tips sehat ala Rasulullah yang wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari :

1. Bangun tidur lebih awal

Rasulullah selalu bangun pagi hari untuk melaksanakan salat shubuh. Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif untuk memulai harinya. Selain itu, bangun pagi juga meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental.

Tips sehat

Bangun lebih awal mungkin memang sulit. Cobalah dengan langkah - langkah kecil, seperti bangun tidur 15 menit sebelumnya. Dari langkah kecil tersebut, anda akan lebih siap untuk menjalani aktivitas harian anda.

Banyak sekali keuntungan untuk bangun pagi lebih awal. Anda akan mendapatkan manfaat fisik seperti mempertahankan pola hidup sehat, kulit akan terlihat lebih sehat dan memberikan waktu untuk berolahraga.

Tips sehat

Tak hanya manfaat fisik saja, anda juga bisa mendapaatkan manfaat mental yaitu anda mempunyai konsentrasi yang lebih tinggi. Selain itu, untuk manfaat emosional yaitu seseorang akan mempunyai waktu tidur yang normal.

2. Kurangi porsi makan

Porsi makan yang sedikit bisa mencegah penyakit, hal itu sudah ditekankan oleh Rasulullah dan didukung oleh ilmu sains. Konsep dalam islam adalah 1/3 untuk makanan anda, 1/3 untuk cairan anda dan 1/3 untuk nafas anda. Konsep ini juga sesuai dengan konsep 'hara hachi bu' di Jepang yang berarti makanlah sampai 80% kenyang.

Tips sehat

Kita harus mengetahui tempat yang dilalui makanan setelah makan. Salah satu organ pencernaan yang dilalui makanan adalah lambung. Setelah kita makan, makanan akan diproses melalui lambung dan selanjutnya di organ lainnya.

Kita sebisa mungkin bisa membagi ruangan yang berada di dalam lambung ini. Jadi rungan di dalam lambung ada tiga yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk cairan dan sepertiga untuk nafas kita. Nah, bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan mengurangi porsi makan kita dan makan secukupnya saja.

3. Makan secara perlahan

Tubuh kita membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinal ke otak bahwa perut kita sudah kenyang. Makan dengan perlahan akan membantu anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dan membantu pencernaan anda agar ringan. Hal ini selalu dilakukan Rasulullah.

Tips sehat

Seperti yang dijelaskan di atas, makan dengan perlahan akan membuat penyerapan nutrisi dengan lebih baik. Hal ini juga akan membuat lambung tidak bekerja lebih keras untuk mencerna. Dengan demikian, penyerapan insulin akan berkurang dan menjaga gula darah tetap stabil.

Selain itu, makan secara perlahan juga membanti kesehatan mulut. Hal ini karena jika makan secara perlahan akan membuat rongga rahang dan gigi tetap kuat. Penumpukan plak dan karang gigi dijamin berkurang.

4. Makan dengan hati - hati

"Makanlah bersama dan tidak terpisah karena berkah akan diberikan saat kebersamaan" (Ibn Majah).

Tips sehat

Rasulullah menekankan untuk berbagi dan menikmati makanan secara bersama - sama. Hal ini terbukti mengurangi stres dan membangun kebiasaan makan yang sehat di dalam keluarga dan anak - anak.

5. Minum dua atau tiga tegukan

Tips sehat

Jangan minum dengan sekali tegukan tetapi minumlah dengan dua atau tiga tegukan. Ini adalah cara Rasulullah saat minum. Ilmu pengetahuan saat ini membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat akan menyebabkan sakit kepala, ketidakseimbangan elektrolit darah dan juga pusing. Minum perlahan membuat mudah penyerapan dan mendapatkan manfaat dari cairan tersebut.

6. Memakan buah delima

Buah delima merupakan buah kesukaan Rasulullah. Buah ini mengandung mangan yang membantu dalam pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme serta mengandung kalium yang membantu dalam mempertahankan fungsi seluler dan menjaga kesimbangan dalam tingkat cairan.

Tips sehat

Selain itu juga ada flavonoid dan polifenol, antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari penyakit jantung.

7. Berpuasa

Pola makan yang sehat tidak hanya apa yang kita makan tapi juga kapan saja waktu untuk kita makan. Berpuasa adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh Rasulullah. Tak hanya puasa 30 hari Ramadhan tapi juga berpuasa tiap senin dan kamis serta berpuasa pada tanggal 13, 14, dan 15 tiap bulannya.

Tips sehat

Dengan berpuasa kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Berpuasa dapat menyeimbangkan kadar hormon tubuh, mencegah stres oksidatif dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

8. Memakan buah kurma

Buah kurma adalah buah yang paling sempurna dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah ini dapat menstabilkan kadar gula darah,  membantu kadar elektrolit darah dan dapat membuat sistem pencernaan lancar.

Tips sehat

Nabi Muhammd SAW bersabda " Keluarga yang memiliki kurma tidak akan kelaparan " (Muslim)

Tak hanya itu, buah kurma terbukti mendorong produksi oksitosin dalam tubuh kita dan membantu persalinan.

Itulah tips sehat ala Rasulullah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari. Tips sehat yang paling baik adalah dengan salat lima waktu. Hal ini sudah dibuktikan bahwa salat memberikan banyak manfaat selain menjalankan kewajiban terhadap Allah SWT tapi juga mendapat manfaat jasmani.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membaca dan tetap semangat menjalankan aktivitasnya. Stay safe and stay healthy.

Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi