Skip to main content

Lockdown Gak Berhasil ? Herd Immunity Bisa Jadi Alternatif

Saat ini, dunia sedang digemparkan oleh wabah yaitu COVID-19 atau yang biasa kita sebut Virus Corona. Virus ini pertama kali berada di Wuhan, China. Lalu, virus tersebut menyebar hingga di berbagai negara di belahan dunia. Salah satu negara yang terkena Virus Corona adalah Indonesia.



Pada sekarang ini, kasus positif Virus Corona di Indonesia masih terbilang aktif yaitu tiap hari masih ada yang positif Virus Corona. Meskipun beberapa wilayah di Indonesia sudah ada yang menurun kasus Virus Corona.

Organisasi kesehatan dunia atau yang biasa kita sebut WHO sudah menyatakn bahwa kemungkinan virus ini tidak bisa hilang di bumi. Bahkan, virus ini bisa menjadi virus endemik baru seperti HIV.

"Penting untuk mengingat. Virus ini bisa menjadi endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak pernah hilang, " kata pakae kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan, dalam pertemuan daring dan dikutip dari SCMP, Kamis (14/5/2020).





Sudah hampir sebulan lebih beberapa wilayah di Indonesia diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Namun, jika virus ini tidak bisa hilang di bumi seperti yang dikatakan WHO. Beberapa wilayah di Indonesia tidak bisa terus - menerus diberlakukan PSBB. Akibatnya, sektor perekonomian akan menurun bahkan bisa hancur.

Ada beberapa alternatif selain memberlakukan PSBB untuk menghentikan penyebaran virus ini. Salah satunya yaitu Herd Immunity. Alternatif ini sudah diberlakukan di Swedia dan berhasil.



Nah, kali ini saya akan membahas mengenai Herd Immunity.

Jadi Herd Immunity adalah situasi di mana cukup banyak orang yang terdapat pada suatu populasi yang memiliki kekebalan terhadap infeksi sehingga secara efektif dapat menghentikan penyebaran penyakit tersebut. Sudah dapat poinnya kah ?



Herd Immunity memiliki dua cara yaitu pertama dengan pemberian vaksin, kedua dengan membiarkan 70% pupolasi terinfeksi penyakit tersebut sehingga mendapatkan kekebalan secara alami.

Dari kedua cara tersebut, yang memungkinkan dilakukan sekarang ini hanya nomor 2 yaitu Herd Immunity mengingat mendapatkan vaksin paling cepat 1 tahun. Namun, cara nomor 2 akan meningkatkan jumlah angka kematian.



Di Indonesia, masih banyak orang yang berusia lanjut di mana jika terinfeksi Virus Corona akan beresiko fatal mengingat orang lanjut usia mempunyai kekebalan tubuh yang rendah.

Selain itu, kesadaran masyarakat di Indonesia dibilang cukup rendah. Tempo hari kemarin, masih banyak orang yang melanggar aturan keluar rumah dan membuat keramaian salah satunya di McD Sarinah. Jadi Herd Immunity cukup cocok diberlakukan di Indonesia agar terbentuk antibodi alami.



Dengan cara nomor 2 yaitu Herd Immunity hanya ada dua kemungkinan yang terjadi. Bertahan hidup jika mempunyai kekebalan yang kuat atau meninggal jika mempunyai kekebalan yang rendah.



Herd Immunity mempunyai dampak negatif yaitu adanya peningkatan jumlah angka kematian dan menyebabkan rumah sakit kewalahan karena banyaknya korban yang terinfeksi. Namu, di sisi lain juga mempunyai dampak positif yaitu pandemi akan segera berakhir, akan terbentuk manusia yang mempunyai kekebalan tubuh dari penyakit tersebut dan yang terpenting perekonomian tidak terhambat.

Itulah beberapa informasi mengenai Herd Immunity dan bagaimana jika diterapkan di Indonesia. Apakah anda setuju atau tidak ? Berikan alasannya di kolom komentar. Terima kasih.

Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi