Skip to main content

Arti Warna Kotoran Telinga, Mana Yang Normal dan Yang Bahaya ?

Kotoran telinga ada suatu kotoran yang terbentuk alami di telinga untuk melindungi telinga. Kotoran ini biasanya dikenal dengan istilah medis cerumen. Kotoran telinga berfungsi untuk mencegah benda asing masuk ke dalam telinga dan mencegah terjadinya infeksi telinga. Kotoran telinga mempunyai warna dan tekstur yang berbeda - beda.



Pada dasarnya telinga dapat membersihkan dirinya sendiri. Kotoran telinga yang sudah tua akan berampur bersama dengan sel kulit mati dan keluar dari dalam ke bagian lubang telinga.

Ternyata tidak semua orang memiliki tekstur dan warna kotoran telinga yang sama. Warna dan bentuk kotoran telinga yang berbeda - beda juga bisa mengindikasikan kesehatan tiap orang.

Berikut adalah arti warna kotoran telinga yang wajib anda ketahui :

1. Kotoran telinga berwarna kuning pucat dengan tekstur lembut


Kotoran dengan warna pucat pada umumnya dimiliki oleh anak - anak. Warna ini termasuk ke dalam warna kotoran telinga yang normal. Warna ini akan berubah menjadi gelap seiring bertambahnya usia. Produksi kotoran telinga juga biasanya semakin berkurang seiring seseorang beranjak dewasa.

2. Kotoran telinga berwarna kuning kecoklatan dengan tekstur cenderung basah

Kotoran seperti ini juga termasuk kotoran yang normal. Ciri - ciri kotoran telinga ini biasanya dimiliki oleh orang Kaukasia dan Afrika. Hal ini disebabkan oleh adanya mutasi gen yang membuat kotoran telinga menjadi lebih basah.



Namun, tak perlu dikhawatirkan karena kondisi ini tidak menandakan adanya gangguan pada telinga.

3. Kotoran telinga berwarna putih keabuan cenderung kering

Jika sebelumnya dikatakan tektur kotoran telinga yang cenderung basah adalah normal, bukan berarti kotoran telinga kering itu tidak normal. Bagi sebagian etnis kotoran telinga dengan tekstur kering dan berwarna putih keabuan ini termasuk kotoran telinga yang normal.



Sebuah studi menemukan bahwa warna dan tekstur kotoran telinga ini paling umum dimiki keturunan etnis Asia Timur.

4. Kotoran telinga berwarna kuning kehijauan

Warna kuning kecoklatan atau memiliki unsur oranye masih termasuk ke dalam warna kotoran telinga normal. Namun, berbeda dengan warna kotoran telinga kuning kehijauan. Warna kotoran telinga kuning kehijauan dapat menandakan adanya infeksi pada telinga.



Jika anda mengalami gejala seperti ini disertakan gejala lain seperti ketidaknyamanan pada telinga atau telinga gatal, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter bagian THT ( telinga, hidung dan tenggorokan ).

5. Kotoran telinga berwarna kemerahan



Arti dari kotoran telinga yang berwarna kemerahan adalah menandakan bahwa adanya  darah pada kotoran telinga tersebut. Jika kotoran telinga berwarna cokelat gelap dengan warna merah, konfisi ini dapat menandakan adanya goresan pada saluran telinga atau cedera pada telinga. Kesalahan ketika mencoba membersihkan telinga juga seringkali menyebankan telinga berdarah dan menyebabkan kotoran telinga berwarna kemerahan.

6. Kotoran telinga berwarna hitam



Semakin lama kotoran berada di telinga maka wara kotoran akan semakin gelap dan dapat menghasilkan kotoran telinga berwarna hitam. Kotoran telinga berwarna hitam dapat disebabkan oleh penumpikan kotoran telinga berlebihan atau karena masuknya benda asing ke telinga yang membuat kotoran semakin terjebak ke telinga.

Hitam dapat memiliki arti kotoran telinga yang berbahaya terutama jika dibarengi dengan gejala seperti sakit kepala,  pusing dan gangguan pendengaran.

7. Putih dengan tekstur cair

Kotoran telinga berwarna putih menyerupai nanah dengan tekstur cair dan berbau dapat mengindikasikan kondisi yang disebut dengan swimmer ear atau otitis eksternal. Kondisi ini dapat terjadi ketika pertahanan pada saluran telinga tidak dapat mengatasi infeksi akibat bakteri atau jamur dan reaksi alergi. Perlindungan ini biasanya bekerja lebih baik ketika telinga kering. Kondisi telinga yang lembab dapat membuat bakteri dan jamur berkembang lebih cepat sehingga infeksi dapat terjadi.



Selain kotoran telinga berwarna putih dan cair, gejala lain dari otitis eksterna adalah seperti kemerahan dan bengkak pada telinga bagian luar dan saluran telinga, sakit pada bagian yang bengkak, kulit bersisik, gatal, iritasi, pembengkakan kelenjar getah bening, dan gangguan pendengaran.

Pada dasarnya gangguan tersebut dapat dicegah dengan cara merawat telinga dengan baik. Salah satu merawat telinga yang aman adalah dengan mengujungi dan meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga kita sesuai prosedur medis.



Jika terpaksa dibersihkan di rumah, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Menggunakan kain lembab

Penggunaan cotton bud dapat menyebabkan kotoran telinga lebih masuk ke dalam telinga. Cotton bud lebih baik digunakan untuk membersihkan telinga luar. Jika tidak, anda bisa menggunakan kain atau handuk hangat untuk membersihkan bagian luar telinga.

2. Pelembut kotoran telinga

Anda dapat menggunakan obat tetes telinga untuk melembutkan kotoran telinga. Kebanyakan obat tetes ini memiliki kandungan seperti mineral oil, baby oil, gliserin, peroksida, hidrogen peroksida, dan salin. Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan agar aman. Jika timbul reaksi efek samping, segera konsiltasikan dengan dokter.

3. Menggunakn ear syringe

Ear syringe adalah alat berbentuk suntikan yang digunakan untuk menyemprotkan air hangat atau larutan salin ke dalam telinga. Cara ini dapat lebih efektif jika anda juga menggunakan produk pelembut kotora  15-30 menit sebelum menggunakan ear syringe.



Itulah arti warna kotoran yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.




Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi