Skip to main content

8 Tips Jalan Kaki Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Kebanyakan orang yang malas berolahraga cenderung mempunyai berat badan yang tinggi. Saat berolahraga pun, orang yang malas tersebut lebih memilih jalan kaki daripada olahraga yang berat lainnya.



Anda mungkin pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa jalan kaki saja kalau dijalani dengan baik bisa menurunkan berat badan dengan sendirinya. Namun, jalan kaki yang seperti apa yang bisa menurunkan berat badan secara rutin. Apakah jalan kaki yang memiliki tempo lambat atau semua jenis jalan kaki bisa memberikan manfaat menurunkan berat badan atau risiko obesitas.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan saat jalan kaki :

1. Naikkan kecepatan

Jika jalan kaki memang memberikan manfaat yang besar untuk tubuh. Namun, kalau dilakukan dengan terlalu santai tidak akan memaksimalkan penurunan berat badan. Misal, anda jalan kaki terlalu lambat sehingga jarak 500 meter ditempuh selama 30 menit atau mungkin lebih.


Kalau anda ingin memaksimalkan penurunan berat badan di tubuh, ada baiknya untuk menaikkan kecepatan terlebih dahulu. Kecepatan harus dinaikkan karena bisa memicu pembakaran lemak di dalam tubuh berjalan dengan lebih cepat. Anda tidak perlu jogging atau lari, cukup jalan cepat saja.

2. Menggunakan pakaian agak berat

Jalan kaki santi mungkin tidak akan membuat anda berkeringan dan metabolisme di dalam tubuh tidak meningkat. Bagaimana kalau kita menggunakan pakaian yang agak berat seperti rompi pemberat atau membawa dumbbell ukuran 2-3 kilogam di tangan kanan dan kiri. Jalan kaki akan menjadi lebih berat meskipun masih bisa dilakukan.



Jalan kaki biasa sebenarnya tidak masalah bagi anda. Namun, kalau anda ingin menurunkan berat badan, harus ada sedikit tantangan yang dilakukan. Toh membawa beban 2-3 kilogram tidak akan membuat anda kesulitan. Kalau tubuh anda memang sudah besar karena mengalami obesitas, beban tambahan mungkin tidak diperlukan untuk sementara waktu.

3. Memilih jalanan yang menanjak

Tantangan dalam jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat tidak hanya membawa pemberat. Anda juga bisa memilih jalanan yang tidak landai. Artinya jalanan yang dipilih memiliki tanjakan yang cukup menantang dan membuat kita harus berusaha lebih kuat kalau ingin menaklukkannya.



Anda bisa melakukan jalan kaki ini di pedesaan atau kawasan persawahan. Biasanya kawasan itu masih memiliki medan yang menantang dan bisa membuat anda jadi mudah membakar lemak. Jalanan menanjak membutuhkan usaha yang jauh lebih besar. Oleh karena itu lakukan sebanyak beberapa kali saja dalam seminggu agar kaki tidak mudah lelah.

4. Teknik dan postur sangat penting

Apakah jalan kaki hanya dilakukan hanya dengan jalan saja ? Tentu saja tidak, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan khususnya saat melangkah. Kalau anda tidak bisa melakukannya dengan baik akan menyebabkan kaki sakit. Itulah mengapa teknik dan postur sangat penting agar usaha untuk menurunkan berat badan dengan cepat bisa terwujud.


Oh iya, jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum jalan kaki. Meskipun dampaknya ke kaki lebih kecil dari lari, rasa lelah tetap muncul dan risiko cedera tetap besar. Oleh karena itu anda disarankan untuk pemanasan dan pakai sepatu yang nyaman.

5. Gabungkan dengan latihan ketahanan


Jangan hanya jalan kaki saja. Anda juga bisa menggabungkannya dengan latihan ketahanan tubuh. Misalnya dengan melakukan sit-up, push-up, dan olahraga yang hanya membutuhkan tubuh untuk melakukannya. Lakukan sesuai dengan kemampuan saja. Jangan memaksakan diri karena bisa memicu cedera dan anda jadi malas olahraga lagi.

6. Melakukan latihan interval


Jalan kaki saja memang tidak akan maksimal daam membantu anda menurunkan berat badan. Oleh karena itu anda disarankan untuk melakukan latihan interval. Maksud dari latihan interval adalah latihan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu tertentu. Misal 15-30 detik jalan sangat cepat lalu 15 detik selanjutnya jalan kaki santai. Latihan dengan konsep interval ini akan memudahkan anda dalam membakar lemak lebih banyak.

7. Durasi pendek tapi sering

Ada dua tipe orang yang melakukan olahraga lari atau jalan kaki. Pertama, mereka yang suka melakukannya dalam jarak yang jauh sekali waktu. Namun, ada yang lebih suka untuk melakukannya sedikit demi sedikit hingga akhirnya mampu memenuhi target yang sebelumnya sudah ditetapkan.


Anda bisa melakukan salah satu dari metode jalan kaki ini. Namun, secara umum jalan dengan durasi pendek dan berkali - kali jauh lebih baik. Pembakaran bisa berjalan dengan lebih banyak dan tidak sulit untuk melakukannya. Dalam satu hari anda bisa membagi waktu jalan kaki sebanyak tiga kali untuk membuat tubuh lebih sehat.

8. Bisa fokus pada langkah

Pernahkah anda mendengar rekomendasi langkah sebayak 10.000 langkah dalam satu hari ? Rekomendasi ini muncul berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2016 silam. Seseorang yang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk melakukannya secara perlahan - lahan.



Langsung mendapatkan angka 10.000 langkah memang tidak mudah bagi seseorang. Itulah mengapa kita disarankan untuk melakukannya secara bertahap. Misalnya pada bulan pertama, kita melatih langkah minimal 1.500 lalu bertambah hingga 3.000 di akhir bulan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh agar tubuh mudah menyesuaikan diri. Oh ya, jalan kaki saat membersihkan rumah atau saat beli sesuatu juga dihitung sebagai langkah juga.


Itulah beberapa penjelasan mengenai ulasan jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Kalau anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti lari atau angkat beban, jalan kaki adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Ditambah dengan memanfaatkan beberapa hal di atas, anda juga bisa mendapatkan berat badan yang lebih ideal dan tubuh menjadi lebih sehat.


Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi