Skip to main content

10 Manfaat Minum Alkohol, Bisa Cegah Impoten!


Saat mendengar minuman beralkohol, semua orang sepakat bahwa minumannya akan menyebabkan masalah bagi tubuh. Namun, ternyata alkohol juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Asalkan minum secukupnya saja jika minum terlalu sering akan mengganggu penyerapan beberapa jenis vitamin dalam tubuh. Untuk itu, beberapa asosiasi kesehatan dunia memberikan batasan anjuran minum alkohol paling tidak 1-2 gelas saja.



Konsumsi alkohol sesuai dengan batasan yang dianjurkan ternyata terbukti memberikan berbagai khasiat. Berikut adalah manfaat alkohol yang bisa anda dapatkan :

1. Baik untuk kesehatan jantung



Manfaat alkohol yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung anda. Penelitian yang dilakukan Europan Heart Journal menyebutkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang sesuai anjuran akan menyebabkan arteri jantung berdilatasi dan melancarkan aliran darah ke jantung sehingga mampu menurunkan sumbatan atau gumpalan darah di pembuluh jantung.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik



Beberapa jenis minuman angur yang menggunakan tambahan buah disebut mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini akan melindungi pembuluh darah jantung sehingga baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker



Berkat senyawa fenol, manfaat minuman beralkohol berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kolesterol jahat ( LDL ) beroksidasi, yang merusak fungsi pembuluh darah. Sama dengan poin kedua, hal ini juga baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, senyawa fenol ini mampu mengurangi risiko kanker dan menurunkan pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat minum alkohol juga membantu mencegah diabetes. Sebuah penelitian pada 2005 yang diterbitkan dalam Diabetes Care menemukan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedang hingga satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas per hari untuk pria dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.



Alkohol dapat menambah kadar hormon yang kemudian meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan kata lain, tubuh anda lebih mudah memproses glukosa dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini membantu mengurangi kadar gula dalam darah dan pada akhirnya mengurangi risiko terkena diabetes.

5. Mencegah gangguan kognitif

Para peneliti dari Loyola University menemukan bahwa manfaat minum alkohol dalam jumlah sedang dapat menurukan risiko gangguan kognitif, penyakit Alzheimer, dan bentuk lain dari demensia sebanyak 23%. Para peneliti berhipnotis bahwa karena minum dalam jumlah sedang meningkatkan kolesterol baik ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak.



Manfaat alkohol juga dapat menguatkan sel - sel otak, untuk mengatasi stres di kemudian hari yang dapat menyebabkan demensia.

6. Mengatasi batu empedu

Batu empedu adalah endapan keras seperti batu kecil, kerikil yang terbentuk di dalam kantung empedu, dan biasanya terdiri dari kolesterol yang mengeras dapat menyebabkan rasa kram dan sakit di perut. Hindari perasaan cemas dan meminum sedikit alkohol secara rutin untuk mengatasi batu empedu. Hal ini telah dibuktikan bahwa manfaat minum alkohol dalam jumlah sedang (5-7 hari per minggu) dapat mengurangi risiko batu empedu.



Sebaliknya, jarang minum alkohol (1-2 hari per minggu) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan risikonya. Manfaat alkohol dapat meningkatkan kolesterol baik dalam aliran darah. Kondisi ini pun juga dapat mempengaruhi kolesterol di kantong empedu.



Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu faktor risiko utama untuk membentuk batu empedu. Jadi minumlah dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko dan dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

7. Menurunkan berat badan

Alkohol adalah nutrisi kedua yang kaya kalori setelah lemak mengandung sekitar 7 kalori per gram. Sementara bir memiliki jumlah kalori yang sama dengan minuman ringan bergula sedangkan wine memiliki dua kali lipatnya. Namun, penelitian yang mempelajari hubungan antara alkohol dan berat badan telah memberikan hasil yang tidak konsisten.



Sebagai contoh, minum alkohol dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan dan minum alkohol dalam jumlah banyak dapat dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Faktanya, minum bir teratur dapat meningkatkan berat badan sementara minum wine dapat menyebabkan penurunan berat badan.

8. Mengurangi risiko disfungsi ereksi

Penelitian menemukan bahwa manfaat minum alkohol dalam jumlah sedang kemungkinan dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi atau impoten. Studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, para peneliti menemukan bahwa kemungkinan disfungsi ereksi berkurang 25 hingga 30% pada peminum alkohol.



Peneliti utama, Kew-Kim Chew, seorang ahli epidemiologi di University of West Australia, melakukan penelitian terhadap 1.770 pria Australia. Chew dengan hati - hati mencatat bahwa ia dan timnya sama sekali tidak menyarankan pria minum berlebihan, dan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk secara akurat menghubungkan impotensi dan konsumsi alkohol.

9. Mencegah flu

Departemen Psikologi di Carnegie Mellon University menemukan bahwa kerentanan terhadap flu biasa meningkat dengan merokok sementara minum alkohol dalam jumlah sedang dapat menurunkan flu biasa pada non perokok. Penelitian tersebut dilakukan pada 1993 terhadap 391 orang dewasa. Sementara pada 2002 menurut New York Times, para peneliti Spanyol menemukan bahwa hanya dengan minum delapan gelas hingga 14 gelas per minggu terutama red wine dapat mengurangi 60% risiko terkena flu. Para ilmuwan menduga bahwa ini ada hubungannya dengan sifat antioksidan dari wine.

10. Panjang umur

Minum alkohol dipercaya dapat menambah usia hidup anda. Tapi berbeda jika anda minum alkohol berlebihan. Bagi pria yang berlebihan minum alkohol biasanya minum lebih dari 4 kali sehari atau 14 atau bahkan 15 kali dalam seminggu. Sementara pada wanita minum banyak lebih dari 3 kali dalam sehari atau 7-8 kali per minggu.



Terlalu banyak minum alkohol dapat membahayakan anda secara fisik dan mental. Berikut adalah masalah kesehatan jika anda minum alkohol berlebihan :

1. Kerusakan Hati
2. Penyakit Jantung
3. Masalah Otak dan Sistem Saraf
4. Anemia
5. Kanker
6. Kejang
7. Asam Urat
8. Masalah Pencernaan
9. Gangguan Tidur

Nah, manfaat minum alkohol diatas dapat anda dapatkan jika hanya minum secukupnya saja sekitar 1-2 gelas per hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Popular posts from this blog

9 Cara Memilih Sayuran Yang Sehat Dan Segar

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah. Selain menerapkan pola hidup sehat, anda juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Bila ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran. Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak usah khawatir dan tetap tenang, sebab berikut adalah beberapa tips memilih sayuran yang baik untuk anda : 1. Perhatikan warna sayuran Ketika anda memilih sayuran, hal pertama yang anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab sayuran yang sudah berubah warna

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Dan Tanpa Olahraga

Diet Sehat Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Kali ini penulis akan membahas seputar diet sehat alami yang terdiri dari cara diet sehat cepat dengan dan tanpa olahraga , diet cepat kurus 30 hari , seminggu dan 3 hari. Selain itu, penulis juga akan membahas seputar program diet dengan cara memberikan informasi mengenai daftar menu diet yang bisa anda lakukan. Hal itu karena kita bisa menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Dalam menjaga pola makan yang teratur dan sehat berarti kita juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang dikonsumsi saat diet adalah makanan tertentu yang memang ditekankan untuk orang yang sedang diet. Diet Sehat Alami Cara Diet Sehat Dan Cepat Tanpa Olahraga Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mengandung protein, serat, da

Hal Yang Harus Dipahami Tentang Masturbasi Sebelum Seks

Masturbasi adalah salah satu aktivitas seks solo yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Tanpa pasangan, aktivitas ini bisa mendapatkan kenikmatan yang besar. Selain itu, aktivitas ini memberikan seks aktual yang dilakukan oleh pria atau wanita. Ada banyak ritual yang dapat dilakukan orang sebelum melakukan seks. Beberapa ada yang suka menyaksikan video pornografi hingga melakukan masturbasi. Masturbasi sebelum seks memberikan manfaat dalam aktivitas ranjang. Apakah benar demikian ? 1. Membantu disfungsi seksual Disfungsi seksual umumnya terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul dalam hal ereksi, mendapatkan orgasme, hingga sulit mendapatkan ejakulasi. Masalah seperti ini biasaya disebabkan adanya gangguan fisik pada kemaluan. Namun, beberapa juga bisa karena gangguan psikolog. Beberapa pria senang dalam seks tapi saat seks dilakukan mereka jadi cepat ejakulasi dan susah menikmatinya. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah masturbasi. Dengan masturbasi